Pada tahun 1956 berdiri Sekolah Teknik I Rembang dan berjalan sampai tahun 1991, pada tahun 1991 sampai dengan tahun 1994 berubah menjadi SMP Keterampilan. Pada tahun 1999 sampai sekarang berubah menjadi SMP 5 Rembang berdasarkan SK Mendikbud No.249/103/I/94 tanggal 22 Pebruari 1994. Areal yang ditempati seluas 10.109 m2.     Letak sekolah sangat strategis, yaitu di pinggir jalan raya jalur pantura (arah jalur Semarang – Surabaya), tepatnya di Jalan P. Diponegoro No. 92 Telp. 0295 691102 Rembang 59211 tepatnya di desa Pandean Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Pada tahun ajaran 2011/2012  sekolah menampung 24 rombongan belajar (24 kelas) dengan jumlah siswa 947 siswa. Dengan adanya kebijakan pendidikan gratis oleh Pemerintah Kabupaten Rembang maka siswa tidak dikenakan biaya sekolah . Kelengkapan Sarana prasarana yang dimiliki baru mencapai 80 % , dan upaya mencapai kelengkapan Sarana – prasana yang lebih lengkap  tak lepas dari partisipasi penuh Komite Sekolah yang selalu mendukung program sekolah dengan penuh kesadaran. Hal ini yang menjadikan SMP 5 Rembang  berangsur-angsur menjadi sekolah yang diperhitungkan dan banyak diminati oleh masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya .

Dengan keberadaannya ditepi pantai Laut Jawa  hal ini membawa konsekuensi logis terhadap proses Belajar Mengajar. Kondisi geografi yang cenderung panas menjadi faktor penghambat pada konsentrasi dan ketahanan belajar siswa dikelas, namun hal tersebut  sebagian dapat diatasi dengan program penghijauan lingkungan dan penggunaan kipas angin didalam kelas. Kondisi Lingkungan masyarakat yang ada sangat heterogen, terdiri dari  masyarakat pantai (nelayan), petani dan lainnya .  Kemajemukan kondisi sosial  masyarakat sosial, ekonomi, politik dan keamanan, menjadikan SMP Negeri 5 Rembang senantiasa meningkatkan pemahaman tentang kondisi masyarakat yang ada dalam menyusun program pendidikan dan menetapkan  kebijakan sekolah , terutama dalam menentukan Visi dan Misi sekolah

Sejalan dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan dan upaya meningkatkan pelayanan pendidikan maka dilaksanakan  pembelajaran melalui jaringan TV Edukasi, disamping itu  sebagai sekolah yang telah mengikuti program ICT maka dapat mengakses Internet melalui satelit. Demikian pula  prestasi sekolah di bidang akademis dan non akademis mengalami peningkatan yang cukup berarti. Dengan berhasilnya meraih prestasi pada lomba-lomba mata pelajaran maupun non mata pelajaran. Program Ekstra kurikuler merupakan kegiatan pembinaan  yang sangat penting untuk menggali potensi secara optimal yang dimiliki oleh siswa , bahkan banyak  prestasi sekolah  diperoleh siswa dari bidang-bidang  yang dikembangkan melalui ekstrakurikuler. Jenis ekstra kurikuler yang dilaksanakan terdiri atas : PKS, Pramuka, PMR, BTA, Hadroh, Musik, Tari/ Lukis, OR.

Untuk memberikan arah kebijakan Program Sekolah secara jangka panjang dan jangka pendek sekolah mempunyai